Tuesday, October 28, 2008

Sharing , sunday 26 Oct 2008

“Mengembang” – yesaya 54:3
Sebab engkau akan mengembang ke kanan dan ke kiri, …

Syarat untuk kita bs dikembangkan yaitu kita setia pada hal2 yang kecil.
Matius 25: 21
Kalau kita setia pada perkara kecil, Ia akan memberikan tanggung jawab pada perkara yang lebih besar.
Illustrasi:
Ada pelajar yg bercita-cita mau jadi pebisnis besar suatu hari nanti, tapi dalam sehari hari-nya dia ga telaten beresin tugas tugas sendiri, suka nyontek, kalau hutang sama temen ga bayar. Gimana mau cari pebisnis besar yang dipercaya orang kalau teman -temannya sendiri aja yang bisa jadi calon partner dimasa mendatang ga percaya karena
dari dulu dia ga jujur, ga bayar hutang dan ga ada usaha buat ngerjain tugas.

Bagaimana ciri2 orang yang dikembangkan Tuhan?
Dimulai dari diri sendiri.
Buat Tuhan, mempromosikan kita naek itu gampang, cuma Tuhan mau mengembangkan karakter kita dulu supaya kita bener bener siap dan layak menerima kepercayaan yang lebih besar, dengan begitu kita menjadi teladan buat orang lain.

Tdk penting seberapa besar gunung yang ingin ditaklukan tapi seberapa besar kapasitas yang dikembangkan Tuhan dalam diri kita.
Satu lagi, perbesar kapasitas!
Tuhan mau kasih kita berkatNya, bagian kita adalah menyiapkan tempat untuk menampung. Seberapa besar kapasitas ruang yang kita siapkan, sebesar itulah yang akan dipenuhi Tuhan.

Menembus keterbatasan.
Bangsa Israel sdh keluar dari Mesir tapi Mesir tdk pernah pergi dari hati bangsa Israel. Mereka menggerutu, bersungut-sungut, kuatir Tuhan tdk sanggup memelihara hidup mereka.

Dlm bahasa ibrani , mesir artinya ”limitation”
Overcome limitation!
Ironisnya, satu2nya yang membatasi Tuhan adalah diri kita sendiri, seringkali kita seperti bangsa Israel, ragu mentaati perintahNya, itulah yang menghalangi kita menerima berkatNya.
Apa hasilnya? perjalanan ke tanah perjanjian yg seharusnya bs ditempuh beberapa hari harus perlu waktu 40 tahun, dan Tuhan membersihkan generasi yang dalam hatinya terdapat Mesir. Generasi setelah itulah yang bisa masuk dan menerima tanah perjanjian.

Ke kanan dan ke kiri.
Sebab engkau AKAN mengembang ke kanan dan ke kiri,
Kalau Tuhan sudah berkata AKAN, tidak ada seorangpun yang sanggup menaruh kata TIDAK didepannya. Kalau Tuhan sudah berjanji, Ia pasti menepati.

Ke kanan dan ke kiri ???
Amsal 3:16
”Umur panjang ada di tangan kanannya, di tangan kirinya kekayaan dan kehormatan”

Jika karakter kita sudah dikembangkan, kita percaya akan janjiNya, maka Tuhan akan memberkati kita dengan umur panjang, kekayaan dan hormat dan kita akan menjadi berkat dimanapun dan kapanpun kita berada.

HIDUPLAH DALAM SETIAP KEPUTUSAN YANG MEMULIAKAN NAMA TUHAN.

source: Philip mantofa

No comments: